Sabtu, 08 Desember 2012

Chord dengan Not Yang Lebih Tinggi


EKSTENSI PADA CHORD DENGAN NOT YANG ADA PADA OKTAF YANG LEBIH TINGGI
Penambahan not pada chord tidak terbatas pada not dalam 1 oktaf saja, namun bisa ditambah dengan nada pada oktaf berikutnya dalam scale major chord tersebut. Misal nada kedua dalam oktad yang lebih tinggi dalam scale C major adalah D (C D E F G A B C D). Nah not D yang akan dijadikan tambahan pada chord C tersebut disebut dengan nada kesembilan. Kalau C major ditambah dengan nada tersebut akan jadi C Major 9 gitu.
Namun dalam ini, kita gak bisa nambahin semua nada yang lebih tinggi itu ke dalam chord yang mau kita modifikasi. Kita gak bisa menambahkan not pada oktaf berikutnya yang menjadi Triad dalam chord tersebut misal nada ke 3 atau 5 yang ada pada oktaf yang lebih tinggi dalam scale major unutk c major. Sebenarnya boleh saja sih, tapi ya hasilnya tetep C major gitu hehe. Penambahan lain yang mungkin adalah dengan not ke 11 (npt ke 4 di oktaf yang lebih tinggi) dan satu lagi not ke 13 (not ke 6 di oktaf yang lebih tinggi).
Dalam pembuatan chord ini, ada beberapa peraturan khusus gitu hehehe.
Pertama, untuk membuat chord 9, 11 maupun 13 kita mesti ngikutin adik-adiknya gitu, kalau chord 9 ya harus sama 7 juga, terus chord 11 ya harus sama 7 dan 9, entar kasihan kalau ditinggal dirumah sendirian gitu hiks T_T. Yah becanda lagi tapi gitu deh intinya. Jadi bakal pake rumus kayak gini
Major 9 (1, 3, 5, 7, 9) Contoh simbolnya CM9 atau Cmaj9
Major 11 (1, 3, 5, 7, 9, 11) Contoh simbolnya CM11 atau Cmaj11
Major 13 (1, 3, 5, 7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya CM13 atau Cmaj13
Dominant 9 (1, 3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya C9
Dominant 11 (1, 3, 5, b7, 9, 11) Contoh simbolnya C11
Dominant 13 (1, 3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya C13
Minor 9 (1, b3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya Cm9 atau Cmin9
Minor 11 (1, b3, 5, b7, 9, 11) Contoh simbolnya Cm11 atau Cmin11
Minor 13 (1, b3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya Cm13 atau Cmin13
Minor-Major 9 (1, b3, 5, 7, 9)
Kedua, kan mustahil gitu kalau main chord major 13 di gitar dengan mode full, soalnya masti mencet nada 1, 3, 5, 7, 9, 11 dan 13. Soalnya gini gampang kalau kita pemain keyboard gitu wah wah. Pasti pemain gitar juga gak bisa, soalnya jarinya kan Cuma 5, itu juga yang jempol susah kalau disuruh main, walau bisa juga gitu, kecuali kalau mainnya kayak Bang Balawan gitu ya bisa dong saolnya gitarnya 2. Terus buat mengatasi kayak ginian, kita bisa menghilangkan beberapa not dalam chord tersebut. Yang paling umum untuk dihilangkan adalah nada ke-5 (misalkan C11 dipermudah menjadi 1, b7, 9, 11). Hal ini disebabkan oleh teori bahwa penentu nada tersebut major, minor, atau dominan adalah nada ke-3 dan ke-7. Namun bukan berarti nada tersebut tidak boleh dihilangkan gitu, nada ke 1, 3 dan 7 boleh dihilangkan tetapi dimainkan oleh personel lainnya. Yang terpenting adalah nada yang menjadi tambahan tetap ada dan wajib dibunyikan. Misalnya diubah tanpa nada basnya menjadi 5, 7, 9, 11 tetep jadi C11 kok, atau kalau males ya dipersedikit lagi menjadi 9 dan 11 aja gitu yang dipencet hehehe. Tapi ya gak jelas dong itu chord apa, kalau udah males kayak gini, kalau kita punya  band, suruh sang bassist aja buat mainin bassnya. Yang terpenting adalah not ke 3 dan ke 7 akan lebih baik bila dimainkan dalam nada rendah, dan sisanya pada nada yang tinggi.
Ketiga, peraturan kedua tersebut TIDAK mengikutkan not ke 6 walaupun dia adiknya si 7 gitu, chord 9 tidak mengandung not ke 6. Chord 7 juga kayak gitu dan yang lain-lainnya.
Keempat, ada sebuah chord yang hanya memberikan satu not sebagai tambahan yaitu chord add9. Kalau dipetik satu-satu suaranya kayak musik dongeng-dongeng gitu lho, misal waktu kabayan lagi jalan-jalan, atau lagi ngelamun (melamun) musiknya kayak gitu hehehe. Dalam chord ini, penambahan hanya dengan not kesembilan saja tanpa yang lain-lain.
Misal C Major add9 (1, 3, 5, 9) nah gitu dan nulisnya ya Cadd9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar