EKSTENSI
PADA CHORD DENGAN NOT YANG ADA PADA OKTAF YANG LEBIH TINGGI
Penambahan not pada chord tidak terbatas pada not
dalam 1 oktaf saja, namun bisa ditambah dengan nada pada oktaf berikutnya dalam
scale major chord tersebut. Misal nada kedua dalam oktad yang lebih tinggi
dalam scale C major adalah D (C D E F G A B C D). Nah not D yang akan dijadikan tambahan pada chord C tersebut
disebut dengan nada kesembilan. Kalau C major ditambah dengan nada tersebut
akan jadi C Major 9 gitu.
Namun dalam ini, kita gak bisa nambahin semua nada
yang lebih tinggi itu ke dalam chord yang mau kita modifikasi. Kita gak bisa
menambahkan not pada oktaf berikutnya yang menjadi Triad dalam chord tersebut
misal nada ke 3 atau 5 yang ada pada oktaf yang lebih tinggi dalam scale major
unutk c major. Sebenarnya boleh saja sih, tapi ya hasilnya tetep C major gitu
hehe. Penambahan lain yang mungkin adalah dengan not ke 11 (npt ke 4 di oktaf
yang lebih tinggi) dan satu lagi not ke 13 (not ke 6 di oktaf yang lebih
tinggi).
Dalam pembuatan chord ini, ada beberapa peraturan
khusus gitu hehehe.
Pertama, untuk membuat chord
9, 11 maupun 13 kita mesti ngikutin adik-adiknya gitu, kalau chord 9 ya harus
sama 7 juga, terus chord 11 ya harus sama 7 dan 9, entar kasihan kalau
ditinggal dirumah sendirian gitu hiks T_T. Yah becanda lagi tapi gitu deh
intinya. Jadi bakal pake rumus kayak gini
Major 9 (1, 3, 5, 7, 9) Contoh simbolnya CM9 atau
Cmaj9
Major 11 (1, 3, 5, 7, 9, 11) Contoh simbolnya CM11
atau Cmaj11
Major 13 (1, 3, 5, 7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya CM13
atau Cmaj13
Dominant 9 (1, 3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya C9
Dominant 11 (1, 3, 5, b7, 9, 11) Contoh simbolnya C11
Dominant 13 (1, 3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya
C13
Minor 9 (1, b3, 5, b7, 9) Contoh simbolnya Cm9 atau
Cmin9
Minor 11 (1, b3, 5, b7, 9, 11) Contoh simbolnya Cm11
atau Cmin11
Minor 13 (1, b3, 5, b7, 9, 11, 13) Contoh simbolnya
Cm13 atau Cmin13
Minor-Major 9 (1, b3, 5, 7, 9)
Kedua, kan mustahil gitu
kalau main chord major 13 di gitar dengan mode full, soalnya masti mencet nada
1, 3, 5, 7, 9, 11 dan 13. Soalnya gini gampang kalau kita pemain keyboard gitu
wah wah. Pasti pemain gitar juga gak bisa, soalnya jarinya kan Cuma 5, itu juga
yang jempol susah kalau disuruh main, walau bisa juga gitu, kecuali kalau
mainnya kayak Bang Balawan gitu ya bisa dong saolnya gitarnya 2. Terus buat
mengatasi kayak ginian, kita bisa menghilangkan beberapa not dalam chord
tersebut. Yang paling umum untuk dihilangkan adalah nada ke-5 (misalkan C11
dipermudah menjadi 1, b7, 9, 11). Hal ini disebabkan oleh teori bahwa penentu
nada tersebut major, minor, atau dominan adalah nada ke-3 dan ke-7. Namun bukan
berarti nada tersebut tidak boleh dihilangkan gitu, nada ke 1, 3 dan 7 boleh
dihilangkan tetapi dimainkan oleh personel lainnya. Yang terpenting adalah nada
yang menjadi tambahan tetap ada dan wajib dibunyikan. Misalnya diubah tanpa
nada basnya menjadi 5, 7, 9, 11 tetep jadi C11 kok, atau kalau males ya
dipersedikit lagi menjadi 9 dan 11 aja gitu yang dipencet hehehe. Tapi ya gak
jelas dong itu chord apa, kalau udah males kayak gini, kalau kita punya band, suruh sang bassist aja buat mainin
bassnya. Yang terpenting adalah not ke 3 dan ke 7 akan lebih baik bila
dimainkan dalam nada rendah, dan sisanya pada nada yang tinggi.
Ketiga, peraturan kedua
tersebut TIDAK mengikutkan not ke 6 walaupun dia adiknya si 7 gitu, chord 9
tidak mengandung not ke 6. Chord 7 juga kayak gitu dan yang lain-lainnya.
Keempat, ada sebuah chord
yang hanya memberikan satu not sebagai tambahan yaitu chord add9. Kalau dipetik satu-satu suaranya kayak musik
dongeng-dongeng gitu lho, misal waktu kabayan lagi jalan-jalan, atau lagi
ngelamun (melamun) musiknya kayak gitu hehehe. Dalam chord ini, penambahan
hanya dengan not kesembilan saja tanpa yang lain-lain.
Misal C Major add9 (1, 3, 5, 9) nah gitu dan nulisnya
ya Cadd9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar