Sabtu, 08 Desember 2012

CAMPUR ADUK CHORD



Chord yang berangka maupun yang memiliki nama tambahan juga bisa dicampur adukkan. Misal kita punya B11 dijadiin B11sus4-9 giut juga bsia nih, dan rumusnya jadi 1, 4, 5, b7, b9 gitu yaah. Coba aja deh bikin macem-macem chord, tapi harus tau juga gitu makenya kapan terutama yang uda kelewat aneh.
Oiya biar ga BeTe, aku kasih tips nih bagaimana cara make chord yang aneh tersebut (tapi belum yang altered chord lho, yang itu entar-entar aja gitu):
Pertama, chord 6, 7 ,9, 11, 13 dan add 9 adalah perkembangan dari chord major, minor maupun diminan, sehingga mereka dapat digunakan sebagai chord substitusi atau perantara perpindahan chord. Misalnya temen-temen mau nyanyiin lagunya Kuburan Band yang Lupa-Lupa Ingat gitu hehehe
C    Am      Dm    G
C A minor D minor ke G ke
C         Am       Dm     G
C lagi A minor D minor ke G ke
C        Am       Dm     G
C lagi A minor D minor ke G ke
C
C lagi
Terus temen-temen ga puas ya tinggal ganti aja gitu ehem-ehem, jadi gini
CM7  Am7     Dm           G9
C A minor D minor ke G ke
CM9      Am7           Dm7       G6
C lagi A minor D minor ke G ke
CM7   Am9             Dm9       G9
C lagi A minor D minor ke G ke
C6
C lagi
Hoe hoe hoe, lagunya jadi aneh kan, kalau mau aransemen lagu biar bagus dan ekren kayak musisi Jazz pake cara kayak gini aja nih, tapi vokalist band temen-temen harus ganti cara nyanyinya gitu hehehe. TAAAPPIII, chord mayor ya gantinya ama yang major gitu, jangan terus loncat jadi minor, dan begitu juga dominant. Dalam lagu Lupa-Lupa Ingat tersebut nada dasarnya adalah C sehingga harmony V5 ada di G, jadi G tersebut adalah chrord dominant dan gantinya juga pake dominant dong. Dan si drummer dan personel band yang lain juga dikasih tau gitu biar gak jadi kacau mainnya, drummya metal tapi chordnya jazzy kan bikin ilfil juga gitu. Selain itu chord kayak gini jelek kalau pake distorsi yang menggelegar gitu, jadi aneh bunyinya L. Kecuali suspended gitu, apalagi suspended 2, itu malah bagus karena bisa menghasilkan suara yang menyejukkan hati, mau contoh? Coba dengerin lagunya Joe Satriani yang Revelation, dia pake chord suspended 2 gitu di intro dan sebagian besar lagunya. Chord yang satu ini bisa dijadikan chord utama sekaligus untuk mempercantik chord.
Kedua, khusus untuk augmented dan diminished, penggunaannya adalah sebagai perantara antara satu chord dan yang lainnya, augmented menjadi perantara adalah chord mayor dan diminished sebagai perantara chord minor. Sebagai contoh kita punya progresi kayak gini:
C_ _ _|G_ _ _|C_ _ _|G_ _ _|
Am_ _ _|Dm_ _ _|Em_ _ _|Am_ _ _|
Bisa baca kayak gitu kan? Itu maksudnya pake birama 4/4 dan temponya terserah aja hehehe. Tanda underscore berarti kita tetap menggunakan chord yang sama sepanjang tanda tersebut dan bernilai 1 ketukan. Nah dari sini kita akan memperkaya progresi chord tersebut dengan menggunakan aug dan dim. Ingat Augmented untuk mayor dan dim untuk minor.
C_ Caug_|G_ Gaug_| C_ Caug_|G_ _ _|
Am_ Adim_|Dm_ Ddim_|Em_ Edim_|Am_ _ _|
Nah kayak gini lagunya jadi ruwet hehehe, tapi tempo dan musiknya jasi Jazz gitu atau dibikin distorsi dengan tempi cepat gitu jadi neoclassic hehehe.
Btw kalau diminish juga bisa diantara chord major dan minor gitu, tapi penggunaannya pada chord minornya. Sebagai contoh:
C_ _ _|Bm_ _ _|C_ _ _|G_ _ _| diubah menjadi
CM7_ Bdim_|Bm7_ _ _|CM7_ Caug_|G7_ _ _|
Atau diminish juga bisa diletakkan antara dua nada chord minor ataupun mayor yang sama-sama menuju chord minor. Dan chord diminished tersebut dibuat dari nada yang setengah lebih tinggi dari nada sebelumnya. Sebagai contoh:
CM7_ C#dim_|DM7_ D#dim_|Em7_ E#dim_|Am Am7 Am9_|

Tidak ada komentar:

Posting Komentar